Sabtu, 02 Juni 2012

MICROSCOPE


Pernahkah kalian mengamati bagaimana struktur dari sel? Dengan apakah kita bisa melihat struktur sel yang mikroskopis tersebut? Tentu saja kita tidak bisa melihat dengan mata telanjang saja, kita memerlukan alat bantu yang disebut MIKROSKOP. Mikroskop ditemukan oleh Antonie Van Leeuwenhock (1632-1723). Seperti yang kita ketahui Mikroskop (bahasa Yunani: micros = kecil dan scopein = melihat) adalah alat yang di gunakan untuk melihat, atau mengenali benda-benda renik yang terlihat kecil menjadi lebih besar dari aslinya. Nah, di sini akan membahas lebih detail mengenai mikroskop.


1. JENIS – JENIS MIKROSKOP
Jenis mikroskop yang paling umum, dan yang pertama kali diciptakan, adalah mikroskop optis. Berdasarkan sumber cahayanya, mikroskop dibagi menjadi dua, yaitu, mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Mikroskop cahaya sendiri dibagi lagi menjadi dua kelompok besar, yaitu berdasarkan kegiatan pengamatan dan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan. Berdasarkan kegiatan pengamatannya, mikroskop cahaya dibedakan menjadi mikroskop diseksi untuk mengamati bagian permukaan dan mikroskop monokuler dan binokuler untuk mengamati bagian dalam sel. Mikroskop monokuler merupakan mikroskop yang hanya memiliki 1 lensa okuler dan binokuler memiliki 2 lensa okuler. Berdasarkan kerumitan kegiatan pengamatan yang dilakukan, mikroskop dibagi menjadi 2 bagian, yaitu mikroskop sederhana (yang umumnya digunakan pelajar) dan mikroskop riset (mikroskop dark-field, fluoresens, fase kontras, Nomarski DIC, dan konfokal).


2. STRUKTUR MIKROSKOP



 


·           Bagian optik, yang terdiri dari lensa obyektif, lensa okuler dan kondensor.
Lensa obyektif
berfungsi guna pembentukan bayangan pertama dan menentukan struktur serta bagian renik yang akan terlihat pada bayangan akhir serta berkemampuan untuk memperbesar bayangan obyek sehingga dapat memiliki nilai "apertura" yaitu suatu ukuran daya pisah suatu lensa obyektif yang akan menentukan daya pisah spesimen, sehingga mampu menunjukkan struktur renik yang berdekatan sebagai dua benda yang terpisah.
Lensa okuler
adalah lensa mikroskop yang terdapat di bagian ujung atas tabung berdekatan dengan mata pengamat, dan berfungsi untuk memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa obyektif berkisar antara 4 hingga 25 kali.
Lensa kondensor
adalah lensa yang berfungsi guna mendukung terciptanya pencahayaan pada obyek yang akan dilihat sehingga dengan pengaturan yang tepat maka akan diperoleh daya pisah maksimal. Jika daya pisah kurang maksimal maka dua benda akan terlihat menjadi satu dan pembesarannya pun akan kurang optimal.
·        Bagian non-optik, yang terdiri dari tabung mikroskop, makrometer (pemutar kasar), micrometer (pemutar halus), Revolver, reflector, diafragma (pengatur cahaya), kondesor (pengumpul cahaya), meja  mikroskop (meja preparat), penjepit, sendi inklinasi (pengatur sudut), lengan dan kaki mikroskop.


3. PEMBESARAN

Pembesaran mikroskop adalah hasil kali pembesaran lensa objektif dan pembesaran lensa okuler, sehingga dirumuskan:


Karena lensa okuler mikroskop berfungsi seperti lup, pembesaran mikroskop dirumuskan sebagai berikut:
Pembesaran Mikroskop Pada Saat Mata Berakomodasi Maksimum

 

 

Agar mata berakomodasi maksimum, jarak lensa objektif dan lensa okuler dirumuskan:

Pembesaran Mikroskop Pada Saat Mata Tidak Berakomodasi


Agar mata berakomodasi maksimum, jarak lensa objektif dan lensa okuler dirumuskan:
Dengan ketentuan:











    4. SIFAT BAYANGAN
    Baik lensa objektif maupun lensa okuler keduanya merupakan lensa cembung. Secara garis besar lensa objektif menghasilkan suatu bayangan sementara yang mempunyai sifat semu, terbalik, dan diperbesar terhadap posisi benda mula-mula, lalu yang menentukan sifat bayangan akhir selanjutnya adalah lensa okuler. Pada mikroskop cahaya, bayangan akhir mempunyai sifat yang sama seperti bayangan sementara, semu, terbalik, dan lebih lagi diperbesar. Pada mikroskop elektron bayangan akhir mempunyai sifat yang sama seperti gambar benda nyata, sejajar, dan diperbesar.
    Pembentukan bayangan mikroskop




    DAFTAR PUSTAKA


    Posted by : Anastasia P.S. I0311006