Sabtu, 02 Juni 2012

LUP, Si Jeli Multifungsi

oleh : ZAESAR PRASETYO - I0311040 - TEKNIK INDUSTRI UNS


Ada yang tahu apa itu Lup??
Sebuah nama yang memiliki arti sama dengan kaca pembesar ini digunakan untuk memperjelas pandangan mata terhadap suatu obyek dengan membuat besar/ memperbesar obyek tersebut.
Lup ini memiliki lensa cembung (positif), sifat dari lensa cembung ini adalah mengumpulkan cahaya. Bayangan yang dibentuk oleh lup ini adalah maya, tegak, dan yang pasti diperbesar.
Ada dua cara dalam menggunakan lup ini yaitu :

 Dengan cara pandang mata berakomodasi maksimum
Mata berakomodasi maksimum itu merupakan cara memandang obyek dimana otot siliar bekerja maksimum untuk menekan lensa agar berbentuk secembung-cembungnya. Agar mata berakomodasi maksimum, bayangan yang terbentuk harus tepat berada di titik dekat mata (si = sn = jarak titik dekat mata). Ada  kelemahan dan kelebihan dalam cara penggunaan lup dengan mata berakomodasi maksimum. Kekurangan/ kelemahannya adalah mata cepat lelah. Dan kelebihannya adalah bahwa dengan mata berakomodasi maksimum ini perbesaran yang diberikan itu sangat memuaskan, sehingga obyek yang semula kecil bisa terlihat dengan jelas.
Pada mata berakomodasi maksimum
 

 

Perbesaran sudut atau perbesaran angular

 
Dimana :
 M = perbesaran sudut
PP = titik dekat mata dalam meter
f = Jarak fokus lup dalam meter

 
Dengan cara pandang mata tidak berakomodasi
Yaitu cara pandang obyek yang berlawanan dengan cara pandang mata berakomodasi maksimum dimana otot siliar disini tidak bekerja/rileks dan lensa mata berbentuk sepipih-pipihnya. Kelebihan dan kekurangannya pun juga berlawanan dengan cara pandang mata berakomodasi maksimum dimana dengan menggunakan cara pandang mata tidak berakomodasi ini tidak menyebabkan mata cepat lelah. Akan tetapi perbesaran yang diberikan dengan cara pandang ini kurang maksimal dibanding dengan cara pandang mata berakomodasi maksimum.

• Si = -PR
• S0 = f
                                                          

Perbesaran sudut


Tahukah Anda ??

Lup yang merupakan alat optik yang digunakan untuk memperbesar obyek ini juga dapat membakar kertas dibawah terik matahari. 

 
Mengapa bisa demikian?? Karena seperti yang diketahui bahwa lup itu terdiri dari lensa cembung yang merupakan lensa positif dimana lensa positif itu bekerja dengan mengumpulkan cahaya pada satu titik. Inilah yang menyebabkan sebuah kertas yang ditaruh dibawah lup pada kondisi dimana lup mendapatkan cahaya dari matahari dapat terbakar. Maka dari itu saat kita pergi bertamasya ataupun melakukan pendakian gunung, bawa saja alat ini sebagai alat yang dapat membantu Anda dalam beberapa hal, Anda dapat mengamati benda kecil dengan jelas yang Anda temui saat perjalanan, sekaligus Anda akan mendapatkan api yang menghangatkan tubuh Anda serta membuat bahan makanan yang Anda bawa bisa dimakan dengan enak dan tetap hangat hanya dengan membakar kertas dibawah terik matahari dengan benda ini (itupun kalau ada cahaya yaa… jangan mengharap saat cuaca sedang mendung (hujan) ataupun gelap dapat membuat api yang Anda inginkan dengan alat ini… OK!!!)


Aplikasi Lup
            Lup digunakan oleh para tukang reparasi arloji dalam menjalankan pekerjaannya. Kemampuannya dalam membuat mata dapat melihat benda kecil menjadi lebih besar sepertinya telah diincar oleh para tukang reparasi arloji. Mereka ingin dapat dengan mudah membenahi arloji yang rusak dengan lancar, sehingga pekerjaan mudah terselesaikan dan akhirnya mendapatkan upah untuk pemenuhan kehidupan sehari-hari.
            Aplikasi yang terbaru dari kaca pembesar dengan lensa cembung yang bekerja mengumpulkan cahaya ini yaitu kompor energi matahari yang sesuai dengan konsep ramah lingkungan. Yang mana cahaya matahari dikumpulkan pada satu titik dengan lensa cembung. Pembiasan cahaya melalui lensa cembung ini digunakan sebagai energi panas  untuk memasak. Mekanisme yang dilakukan sesuai dengan pembakaran lup terhadap kertas yaitu memaparkan lensa cembung tersebut pada sinar matahari.
Sesuai dengan berkembangnya zaman, banyak inovasi yang dilakukan yang salah satunya yaitu menyimpan energi panas matahari pada suatu media misalnya air dan menyalurkannya ke kompor sehingga pemasakan bisa dilakukan di dalam ruangan.


 WOW
Benda yang bernama lain suryakanta ini pernah menjadi senjata andalan bagi tokoh kartun legendaris yang sangat digemari oleh semua kalangan. Yap, detective conan adalah judul kartun ini. Benda lup digunakan conan sang tokoh utama untuk melacak berbagai kasus yang terjadi sehingga dalam cerita kartun tersebut semua masalah yang berhubungan dengan kejahatan dapat terpecahkan oleh sang detektif Conan. Hebat kan??




Sumbernya :  www.aktifisika.wordpress.com